Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hadis Rasul tentang 4 hal yang akan dipertanggung jawabkan diakhirat, Hartamu untuk apa?


Hadis Rasul tentang 4 hal yang akan dipertanggung jawabkan diakhirat, Hartamu untuk apa?

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu

Sahabat, dalam agama Islam tentu kita sering mendengar dari guru-guru kita yang berdasarkan Al-Qur'an,  bahwa ketika diakhirat kelak kita akan ditanyai tentang semasa kita hidup dialam dunia.

Dalam hadist Rasulullah yang diriwayatkan oleh imam Turmudzi dan imam abu barzah, diterangkan yang artinya

Tidak akan bergeser kedua kaki manusia pada hari kiamat hingga ia ditanya tentang 4 hal, yaitu tentang umurnya dalam hal apa dihabiskan, tentang ilmunya apa yang telah diperbuatnya, tentang hartanya darimana diperoleh dan dalam hal apa di belanjakan, dan tentang jasadnya untuk apa dirusaknya.

Hadis tersebut mengingatkan kita akan 4 hal selagi kita masih hidup dialam dunia.

  1. Tentang umur kita, selama kita hidup umur kita habiskan untuk apa, Islam mengajarkan kita agar selalu ingat pada Allah dan melakukan hal-hal baik. Oleh karenanya umur yang Allah berikan ini alangkah baiknya tidak habis untuk mencari harta, kemewahan dunia saja, akan tetapi perbanyaklah ibadah pada Allah dan lakukan hal-hal baik agar kita mendapatkan ridho Nya.
  2. Tentang ilmu kita, darimana kita mendapatkannya dan untuk apa kita amalkan nya, sering kita dengar guru-guru kita menyampaikan kalau belajar ilmu itu harus ada gurunya, adapun buku itu sebagai referensi tambahan dalam kita mencari ilmu, karena peran guru amatlah penting, jika kita salah dalam memahami isi buku yang kita pelajari guru akan meluruskannya, selain itu mengamalkan ilmu juga sangat penting, tak usah menunggu ilmu banyak baru kita aberamal, tapi yang lebih baik adalah amalkan ilmu yang ada walaupun belum seberapa.
  3. Tentang harta kita, didunia kita tentu perlu bekal dunia, bekal dunia berupa harta yang kita peroleh dari usaha kerja keras kita, ingat sahabat harta yang kita miliki di dunia akan di pertanggungjawabkan di akhirat. Oleh karenanya carilah harta di dunia dari sumber-sumber yang halal, jauhi perkara yang haram, dan pergunakan harta kita juga untuk hal-hal baik seperti sedekah dll, agar harta kita menjadi keberkahan untuk kita.
  4. Tentang jasad atua badan kita, sahabat pada dasarnya badan yang kita miliki adalah pemberian dari Allah tampan, cantik, tinngi, pendek, gemuk ataupun kurus itu semua pemeberian Allah, maka tak panatas lah jika ada yang memiliki badan dan wajah yang bagus berlaku sombong pada orang lain, apalagi sampai ada yang melakukan perubahan fisik karena merasa wajahnya kurang cantik atau ganteng dengan cara operasi plastik. bersyukurlah atas yang Allah berikan niscaya Allah kan berikan tambahan kenikmatan untuk kita.
Demikian yang bisa kabarbaru.net sampaikan kurang lebihnya mohon maaf, 
Wassalamualaikum Warahmatullahi wabarakatu