Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Adab menuntut ilmu, Harus Rajin bertanya dan....

menutut ilmu

 

Assalamaualaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Sahabat, tentu kita sudah sering dengar kalimat "ilmu adalah cahaya" lantas apa makna dibalik kalimat tersebut. Jadi seperti ini sahabat penjelasananya, yuk kita berimajinasi.

Bayangkan kita sekarang ada di tengah-tengah kegelapan, sedangkan sampng kiri kanan kita adalah jurang, jika salah melangkah saja keselamatan kita jadi taruhan nya, maka ditengah kegelapan itu perlu lah cahaya untuk menerngi kegelapan, dengan adanya cahaya jurang yang ada disamping kiri dan kanan pasti terlihat, kitapun akan berjalan dengan aman dan selamat.

Begitulah gambaran ilmu sahabat, semua manusia dialam dunia ini berada dikegelapan, kegelapan yang dimaksud bukan gelap ga afa lampu ya, tapi gelap disnin gelap dari pengetahuan, semakin kurangnya pengetahuan maka semakin gelap pula kehidupannya, oleh karena itu agar bertambah pengetahuan kita maka carilah ilmu, karena ilmu itu adakah cahaya yang bisa menerangkan kegelapan. dengan ilmu kita bisa hidup bahagia.

Pentingnya ilmu harus juga di barengi dengan adab yang baik,  Syaikh Abdul Qadir Zaelani pernah berkata kurang lebih seperti ini, "Aku lebih menghargai manusia yang beradab daripada yang berilmu, karena setan jauh lebih berilmu dari manusia."  

oleh karenanya pada kali ini kabarbaru.net akan berbagi pngetahuan adab mencari ilmu dalam islam, apa saja? 

  1. Niat karena Allah unutk menuntut ilmu
  2. Selalu berdoa sebelum dan sesudah menuntut ilmu
  3. Bersungguh-sungguh
  4. Menjauhi dari kemaksiatan
  5. Memperhatikan penjelasan Guru
  6. Rajin menghafal atau mengulang kemabali pelajaran
  7. Hormat terhadap guru
  8. Rendah hati atau tidak sombong
  9. Rajin bertanya jika ada yang belum paham
  10. Amalkan ilmu yang sudah didapat
Demikian 10 adab menuntut ilmu yang dapat kabarbaru.net bisa bagikan, mudah-mudahan bermanfaat, dan mohon maaf apabila banyak salah kata.

Wassakamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu