Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingat 5 perkara sebelum 5 perkara, Pesan Rasulullah pada umatnya

5 perkara sbelum 5 perkara

 Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu.

Sahabat, mengawali arikel kali ini kabarbaru.net mengawalinya dengan kutipan hadist Rasulullah yang diriwayatkanoleh Imam Al Hakim dalam Al Mustadroknya, dikatakan oleh Adz Dzahabiy dalam At Talkhish berdasarkan syarat Bukhari-Muslim. Hadits ini dikatakan shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shogir.

اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

artinya : Manfaatkanlah 5 perkara sebelum 5 perkara, 1).  Mudamu sebelum datang tuamu, 2). Sehatmu sebelum datang sakitmu, 3). Kayamu sebelum datang miskinmu, 4). Waktu luangmu sebelum datang waktu sempitmu, 5). Hidupmu sebelum matimu

dari hadist tersebut mengingatkan kita, bahwa sebagai umat Rasulullah khusuhnya, hendaknya memanfaatkan 5 waktu sebelum datang 5 waktu yang lain, gunakan lah waktu 5 waktu tersebut dengan hal-halbaik sperti beribadah kepada ataupun hal baik lain seperti keterangan yang sering kita dengar, berlomba-lombalah pada kebaikan.

  1. Mudamu sebelum datang tuamu, saat diusia muda siapapun memiliki fisik yang kuat, semangat yang kuat dan tekad yang bulat dalam menjalanakan kehidupan, beda lagi kalau sudah tua fising yang kian melemah, semangat yang kian menurun dan tekad pun kadang bimbang. oleh karenanya manfaatkalah muda kita untuk hal-hal baik khususnya beribadah kepada Allah.
  2. Sehatmu sebelum datang sakitmu, yang namanya kesehatan itu salah satu nimat terindah yang Allah berikan kepada kita, mumpung badan kita sehat pergunakanlah kesehatan untuk melakukan hal-hal baik khsusnya beribadah, kalau sudah datang sakit pasti repot yang biasanya berjamaah kemasjid tiba-tiba solaynya dirumah saja karena jangankan untuk berjalan berdiripun susah.
  3. Kayamu sebelum datang miskinmu, harta itu titipan dari yang maha kaya yaitu Allah Swt. gunakanlah harta kita untuk jalan Allah baik itu sedekah ataupun zakat.
  4. Waktu luangmu sebelum datang waktu sempitmu, Siang malam kita disibukan dengan perkara dunia seperti pekerjaan, mencari hiburan, dll. jika kita memiliki waktu luang hendaklah segera melaksakan kewajiban kita seperti ibadah, dijam istirahat kerja kurang lebih 11.30 atau 12.00 segera laksanakan solat pabila sudah masuk solat, jangan kita melalaikan waktu luang kita, waktu istirahat dihabiskan untuk makan dan mengobrol saja sampai jam istirahat habis kita belum melaksankan solat, bukan tempat kerja kita yang tidak memberikan toleransi terkadang kita nya saja yang kurang mengatur waktu.
  5. Hidupmu sebelum matimu, Hidup di dunia sementara, semua yang bernyawa di dunia ini pasti akan mengalami kematian, oleh karenanya jadikan hidupmu bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain, dan teruslah beribadah agar hidup menjadi berkah mati pun khusnul khatimah.
Sahabat itulah hadist Rasulillah Saw. yang berpesan intuk kita pada intinya harus pandai-pandai memanfaatkan waktu yang ada.

kurang lebihnya mohon maaf
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu