Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

DAMPAK NEGATIF KECANDUAN HP PADA ANAK

     

    Sudah tidakbisa dipungkiri lagi bahwa kemajuan teknologi meberikan perubahan dalam aktifitas sehari-hari baik yang dilakukan oleh orangtua atau dewasa bahkan sampai kepada anak-anak, memang kemajuan teknologi ini memberikan kemudahan dalam aktifitas kita, tapi ingat ada dampak negatifnya juga loh kalau kita keseringan main HP atau bisa dikatakan kecanduan main HP.

    Apalagi anak-anak cenderung mudah terkena damapk dari kecanduan main HP, menurut para ahli HP itu ibarat pisau bagi anak-anak, jika kita biarkan anak kita memegang/bermain dengan pisau pastilah akan mencelakakan dirinya dan orang lain. begitupun HP jika anak kita dibiarkan memegang HP maka akan mencelakakan dirinya, tapi bedanya kalau anak memegang/bermain dengan pisau luka nya luka luar misal teriris jari atau anggota tubuh lain, sedangkan akibat dari kecanduan main HP anak akan menimbulka luka dalam misal terluka mental, kejiwaan dan lain-lain.

di kutip dari www.zurich.co.id ada 5 dampak negatif HP bagi anak, apa saja siamk penjelasan nya dibawah ya, heheh

1.Gangguan Tidur

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Boston College pada tahun 2012, sebanyak 75% anak berusia 9-10 tahun mengalami kesulitan tidur karena penggunaan gadget yang berlebihan tanpa pengawasan. Tentunya, gangguan tidur ini juga bisa berdampak pada prestasi sekolah, karena otak dan tubuh yang tidak dapat beristirahat dengan baik di malam hari.

2.Sifat Agresif

Dampak negatif HP bagi anak selanjutnya adalah munculnya sikap agresif. Pasalnya, penggunaan HP yang berlebihan tidak hanya memberikan dampak buruk akibat radiasi, tapi juga dampak negatif yang didapatkan dari konten media yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, para orang tua sebaiknya membatasi waktu penggunaan HP beserta memfilter konten-konten apa saja yang layak untuk dikonsumsi anak usia dini.

3.Mengganggu Pertumbuhan Otak Anak

Pada anak usia dini, pertumbuhan otak anak bertumbuh dengan sangat cepat. Pertumbuhan otak ini terus berlangsung hingga usia 21 tahun, dan juga dipengaruhi oleh stimulasi lingkungan sekitarnya. Jika pemakaian HP pada sang anak terlalu berlebihan, hal ini dapat memberikan dampak buruk seperti keterlambatan kognitif, tantrum, serta menurunnya kemampuan anak untuk mandiri. Untuk dapat mencegah dampak negatif HP bagi anak kecil, sebaiknya berikan mereka keleluasaan dalam menggunakan HP ketika mereka sudah menyentuh usia tertentu saja

4.Sifat Ketergantungan Pada HP

Dampak negatif HP bagi anak selanjutnya adalah munculnya rasa ketergantungan terhadap gadget itu sendiri. Ketika sang buah hati terlalu sering atau lama menggunakan gadget atau HP, tentunya bisa muncul rasa ketergantungan dalam diri mereka. Hal ini dapat mengakibatkan efek buruk dalam perkembangan fisik dan juga motoriknya. Misalnya, anak menjadi enggan berinteraksi langsung dengan orang sekitar, gangguan motorik, hingga kurangnya asupan makanan karena mereka terpaku pada layar HP.

5.Potensi Gangguan Mental Pada Anak

Penelitian di Bristol University pada tahun 2010 mengungkapkan bahwa penggunaan gadget berlebihan pada anak yang perlu diwaspadai adalah meningkatnya risiko depresi, gangguan kecemasan, kurang perhatian, psikosis, dan perilaku bermasalah lainnya. Dampak negatif HP bagi anak ini bisa disebabkan karena interaksi anak dengan sekitar, atau bahkan interaksi media sosial yang buruk, seperti tindak cyberbullying.