Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TIPS MENGATASI KECANDUAN HP PADA ANAK



Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu

    Sahabat KABAR BARU artikel kali ini merupakan terusan dari artikel sebelumnya yang berjudul  Dampak Negatif Kecanduan HP pada anak.   

    Sebagai orangtua tentu hawatir jika anak kita kecanduan hp, maka dari itu KABAR BARU akan berbagi tips mengatasi kecanduan HP pada anak, simak ya...
    Mengutip dari www.rsupermatahati.com ada 6 tips megatasi kecanduan pada anak anatara lain:
 
1. Batasi waktu penggunaan
  • Anak-anak di bawah usia 2 tahun: sebaiknya tidak dibiarkan bermain gadget sendirian, termasuk TV, handphone dan tablet.
  • Anak-anak usia 2 sampai 4 tahun: kurang dari satu jam sehari.
  • Usia 5 tahun ke atas: sebaiknya tidak lebih dari dua jam sehari untuk penggunaan rekreasional (di luar kebutuhan belajar)
2. Beri jadwal
Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orangtua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

3. Jangan beri akses penuh
Handphone sebaiknya tidak diserahkan pada anak sepenuhnya. Biarkan anak meminta izin terlebih dahulu jika ingin menggunakannya, dan ambil kembali setelah selesai.

4. Tetapkan wilayah-wilayah bebas gadget
Buat peraturan tidak boleh menggunakan gadget di tempat-tempat tertentu. Misalnya di meja makan, di kamar tidur, dan di mobil.

5. Ajarkan anak pentingnya menahan diri
Pastikan untuk memberikan pujian pada anak ketika ia berhasil menahan diri untuk tidak bermain game dan mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

6. Berikan contoh yang baik
Sudah jadi pengetahuan umum bahwa anak meniru apa yang dilakukan orangtuanya. Untuk itu, Orangtua juga harus menjadi contoh yang baik, letakkan HP dan bermainlah bersama anak

itu 6 tips mengatasi kecanduan HP pada anak semoga bermanfaat bagi para pembaca aamiin

wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu