Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 TIPS AGAR ANAK MAU BELAJAR

 


Sebagai orangtua, tentu kita berharap agar anak rajin belajar supaya bisa berprestasi di sekolah. Akan tetapi, kadang keinginan orangtua ini dapat menjadi tekanan bagi anak sehingga membuatnya malas dan tidak mau belajar.

      Jika anak anda malas belajar, jangan langsung menghakimi apalagi menganggapnya sebagai pemalas. Sebab, sifat malas dapat dihilangkan dan ada banyak cara agar anak mau belajar yang bisa dicoba di rumah.mulai dari memberikannya hadiah hingga membuat suasana pembelajaran menjadi menyenangkan.

      Untuk menumbuhkan niat dan tekad anak supaya tidak malas, kenali lebih lanjut berbagai cara membuat anak pintar dan rajin belajar berikut ini :

1.       Memberikannya hadiah

orangtua disarankan untuk lebih bijaksana lagi dalam memilih hadiah yang diberikan kepada anak supaya memotivasinya dalam belajar.

 

2.       Jadikan suasana belajar yang menyenangkan

Gunakan lagu atau media lain seperti video atau buku bergambar saat menemani si kecil belajar. Cara mengatasi anak malas belajar di usia dini ini dapat membuatnya betah duduk di kursi untuk belajar.

 

3.       Jangan pelit pujian

Pujian diberikan bukan saat anak menjawab pertanyaan dengan benar, tapi saat ia mau berusaha untuk menjawab pertanyaan tersebut.

 

4.       Menyemangati anak untuk bertanya dan lebih aktif dalam belajar

Terkadang, rasa malas belajar bisa datang saat anak hanya mendengarkan saja, tanpa beropini atau bertanya apa pun. Maka dari itu, orangtua disarankan dapat menyemangati anak untuk rajin bertanya saat sedang belajar

 

5.       Jadikan membaca sebagai kebiasaan di rumah

Tidak perlu buku pelajaran, buku-buku cerita juga boleh dibaca oleh anak. Tips agar anak mau belajar ini dapat meningkatkan imajinasi dan membuatnya menjadi gemar membaca.

 

6.       Berada di sampingnya saat ia sedang belajar

Jangan hanya menyuruh anak belajar dan berharap ia akan rajin belajar. Cobalah untuk berada di sampingnya saat Anda memintanya untuk belajar.

 

7.       Buatlah jadwal belajar yang teratur

Jadwal belajar yang teratur dapat membuat anak menjadi lebih fokus terhadap waktu-waktu di mana ia harus belajar. Setelah belajar, Anda juga dapat membuat jadwal bermain agar anak tidak merasa bosan.

 

8.       Ikuti gaya belajar anak dan bantu ia memaksimalkannya

Anak-anak tidak selalu mau untuk duduk dan belajar di kursi. Bisa jadi, gaya belajar anak tidak seperti itu. Mungkin, anak Anda lebih suka belajar dengan langsung mempraktikannya atau yang lain. Jika Anda sudah menemukan gaya belajar anak, bantu ia untuk memaksimalkannya agar proses pembelajaran menjadi tidak membosankan dan lebih efisien.

 

9.       Dengarkan pendapatnya saat belajar

Apa yang Anda anggap benar, belum tentu sama dengan anggapan anak Anda. Di dalam proses pembelajaran, biarkan anak menjadi kritis dan izinkan ia untuk memberikan pendapat.

Bahkan, orangtua juga disarankan untuk mendengarkan anak meskipun pendapatnya kurang tepat. Setelah itu, barulah Anda bisa membimbingnya.

 

10.   Tanamkan sikap disiplin dan tegas pada anak

Cobalah untuk tetap menanamkan sikap disiplin dan tegas pada anak agar ia tahu kapan waktunya untuk belajar. Meski begitu, jangan bersikap menekan dan terlalu menuntut karena hal ini malah bisa membuat anak malas belajar.