Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Bulan Sya'ban, bulan diangkatnya amal perbuatan dan...

bulan sya'ban

Assalamu'alaikum Warahmarullahi Wabarakatu

Sahabat tak terasa kita sudah memasuki bulan Sya'ban, itu artinya Bulan Ramadhan sudah dekat, karena sehabis bulan Sya'ban itu bulan Ramadhan.

Mumpung di bulan Sya'ban kabarbaru.net  akan berbagi informasi mengenai ke istimewaan dibulan Sya'ban. apa saja simak terus ya!

Nah, adapun keistimewaan di bulan Sya'ban antara lain :

1. Diangkatnya segala amal perbuatan
    Rasulullah shalallahu ‘alahi wa salam bersabda: “sesungguhnya setiap amalan tergantung pada akhirnya” (H.R Bukhari)
Az-Zarqani dalam Syarh Al-Muwatha mengatakan bahwa amalan akhir manusia itulah yang menjadi penentu dan atas amalan itulah akan dibalas. Siapa yang beramal buruk lalu beramal baik, maka ia dinilai sebagai orang yang bertaubat. 

2. Bulan berlipatnya pahala dikala orang-orang lalai
    Bulan Sya'ban merupakan bulan yang ter apit oleh dua bulan yang istimewa yaitu Rajab dan Ramadhan, kebiasaan orang-orang dibulan Sya'ban malah melalaikan ibadah di blan ini karena ia merasa akan lebih giat beribadah di bulan Ramadhan saja.

    “Beribadah di waktu haraj (banyak manusia lalai) pahalanya seperi berhijrah kepadaku” (H.R Muslim)
Besarnya keutamaan beribadah di waktu lalai karena beratnya perjuangan di masa tersebut Menjalankan ibadah di tengah lingkungan yang  turut menjalankan ibadah akan terasa mudah, tapi bagaimana dengan ibadah di waktu banyak orang sedang lalai?

Di waktu banyak orang yang lalai disitulah ujian yang sesungguhnya. Di saat tidak banyak orang yang lihat, di situlah keimanan kita akan diuji. Maka dari itu beribadah di masa banyak orang sedang lalai adalah sebuah keutamaan yang besar.

3. Pindahnya Kiblat
    Berpindahnya arah kiblat ini adalah peristiwa besar yang sangat ditunggu-tunggu oleh Rasulullah shallahu ‘alaihi wa salam. Dahulu umat yahudi sering mengolok-olok umat muslim karena beribadah menghadap arah yang sama dengan mereka. Ketika kiblat berpindah dari Masjidil Aqsa ke Ka’bah, Rasulullah bergembira karena dapat menyelisihi umat yahudi.

4. Turunnya ayat untuk bersholawat
    Dibulan ini Allah menurunkan ayat yang menyerukan untuk ber sholawat kepada Nabi Muhammad SAW sebagai makhluk yang paling mulia.

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

artinya : "Sungguh Allah dan para malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, Shalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-Nya.” (Q.S Al Ahzab; 56)

5. Bulam memperbnyak puasa
    Dari Aisyah radhiallahu anha “Aku tidak pernah sama sekali melihat Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa salam berpuasa secara sempurna sebulan penuh selain pada bulan Ramadhan. Aku pun tidak pernah melihat beliau berpuasa yang lebih banyak daripada berpuasa di bulan Syaban.” (H.R Bukhari)

Itulah bebeapa keistimewaan di bulan Sya'ban yang dapat kabarbaru.net infokan semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum warah matullahi wabarakatu

Baca berita seputar teknologi disini