Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya perhatian dan kasihsayang orangtua dalam mendidik anak, berikut penjelasan nya

 

Pendidikan anak

Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu

Sahabat, seorang anak adalah titipan dari Allah kepada kita, sebagai seorang muslim diajarkan bahwa orangtua harus mendidik anaknya dengan didikan yang islami. Dalam hadis yang diriwayatkan oleh imam Bukhari menerangkan

Rasulullah S.A.W. Bersabda " Setiap bayi terlahir dalam keadaan fitrah (Islam) dan kedua orangtuanya lah yang menjadikan manusia, Yahudi atau Nasrani (HR. Bukhari)

Dari kutipan hadis diatas, mengingatkan bahwa kita sebagai orangtua perlu mendidik anak dan menjadikan nya sebagai anak yang memegang teguh nilai-nilai islami dan tidak terpengaruh oleh ajaran agama-agama lain.

Tapi terkadang bercermin di zaman sekarang peran orang tua yang harusnya mendidik anak, justru kini kian berkurang dengan dalih anak nya sudah dititipkan ke sekolah jadi orang tua tak perlu mengajarinya lagi.

Sahabat perlu diketahui dalih seperti itu yang akan menjadi masalah besar kedepan nya, karena bukan hanya pendidikan saja yang diperlukan seorang anak akan tetapi perhatian dan kasih sayang dari orangtua  pun harus di sertakan.

Orangtua yang memberikan dalih seperti itu dikarenakan memiliki kesibukan dalam karir baik ayah ataupun ibunya, dari pagi berangkat kerja pulang sore bahkan ada yang malam har, waktu orangtua dan anak bersamapun terasa sedikit sekali.

Sebagai orangtua khusunya ibu berkarir itu pilihan, yang paling wajib adalah pendidikan anak, bukan berarti seorang ibu tidak boleh berkarir membantu perekonomian keluarga, akan tetapi bagi ibu yang berkarir ingat ada anak yang perlu didik dan di berikan perhatian dan kasih sayang, jika ayah dan ibu sudah pulang bekerja Sempatkanlah waktu yang ada untuk anak untuk memberikan perhatian dan kasih sayang.

Beberapa Hal sederhana yang bisa menjadi perhatian anak adalah sebagai berikut

  1. Tanyakan kegiatan sekolah 
  2. Tanyakan adakah pelajaran yang belum dipahami di sekolah
  3. Ingatkan apakah ada PR
Dari hal sederhana itulah anak akan merasa perhatian orangtua tetap ada untuknya walaupun orangtua sibuk berkarir.

Demikian sahabat mengenai pentingnya perhatian dan kasih sayang orang tua terhadap anak.

Semoga artikel ini bisa menambah wawasan sahabat. Kurang lebihnya mohon maaf

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarokatu