Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keistimewaan Bulan Rajab, dan amalan-amalan yang dianjurkan

 

bulan Rajab

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu

Sahabat, Alhamdulillah Allah SWT. telah membrikan kita salah satu nkmat yang amat luar biasa yaitu panjang umur sehingga kita senantiasa dipertemukan kembali dengan bulan Rajab, dimana di bulan Rajab ini banyak peristiwa besar yang pernah terjadi dan juga banyak keistimewaan yang tersimpan di bulan Rajab ini.

Salah satu peristiwa besar yang terjadi pada bulan Rajab ini ialah terjadinya Isra' Mi'raj, sebagaimana yang telah kita ketahui Makna Isra' Mi'raj dari guru-guru kita bahwa Isra' mi;raj adalah peristiwa perjalanan malam yang dilakukan oleh rasulullah dari masjidil haram yang ada di arab saudi ke masjidil Aqsa yang ada di palestin, kemudian naik ke siratul muntaha untuk menerima tugas berupa Solat.

Dalam kitab Durotunnasihin tertulis bahwa solat yang diterima oleh Rasulullah itu sebanyak 50 waktu, setelah melalui dialog Rasulullah dan Nabi Musa akhirnya rasulullah meminta kepada Allah SWT. agar jumlah waktunya dikurangi, Allah pun memberi keringanan dengan memangkas jumlah waktu solat yang tadinya 50 waktu menjadi 5 Rakaat.

Subhanallah betapa kufur nya kita jika kita sebagai umat nabi Rasulullah tidak mengerjakan Solat yang jumlah waktunya se=udah dipangks menjadi 5 waktu. 

Selaim adanya peritiwa besar yang terjadi di bulan Rajab, Umat islam pun dianjurkan melakukan amalan-amalan di hulan Rajab agar mendapat Ridho dari Allah sebgaia keutamaan dari bulan Rajab.. Apa saja amalannya? simak terus ya sahabat

Berikut beberapa amalan yang hendaknya kita lakukan di bulan Rajab

  1. Membaca doa bulan Rajab
اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ

 Artinya: "Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Syakban, dan sampaikan kami di bulan Ramadan.”

    2. Puasa

حدثنا عثمان ابن حكيم الانصاري قال سالت سعيد ابن جبير عن صوم رجب نحن يومێذ في رجب فقال سمعت ابن عباس رضي الله عنهما يقولان كان رسول الله صلى الله عليه واله وسلم يصوم حتى نقول لا يفطر ويفطر حتى نقول لا يصوم

Artinya: “Telah menceritakan kepada kami ‘Utsman ibn Hakim al-Anshari berkata, aku bertanya kepada Sa’id ibn Jubair tentang puasa Rajab, padahal pada waktu itu di bulan Rajab, dia menjawab, aku pernah mendengar Ibn Abbas berkata, Rasulullah SAW berpuasa (Rajab) terus hingga kami berkata, beliau tidak berbuka, dan (pada waktu yang lain) beliau berbuka hingga kami berkata, nabi tidak puasa.” (HR. Muslim).

    3. Memperbanyak bacaan Sayyidul Istigfar

اَللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّيْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِيْ وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ. أَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ. أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ. وَأَبُوْءُ بِذَنْبِيْ. فَاغْفِرْ لِيْ فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلَّا أَنْتَ 

Artinya: “Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada Tuhan selain Engkau yang telah menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu. Dan aku atas tanggungan dan janji-Mu selama aku masih mampu. Aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan yang telah aku perbuat. Aku mengakui nikmat yang Kau berikan kepadaku. Aku mengakui dosaku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau."

    4. Memperbanyak bacaan Sholawat

    5. Bersedakah

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من تصدق في رجب باعده الله من النار كمقدار غراب طار فرخا حتى مات هرما

Artinya: “Nabi Muhammad SAW bersabda, siapa yang sedekah di bulan Rajab maka Allah Ta’ala menjauhkan dirinya dari neraka sejauh jarak terbang seekor burung elang yang terbang dari kecil hingga mati.”

Dalam Hadist lain Rasulillah juga bersabda 

قال النبي صلى الله عليه وسلم : من فرج عن مؤمن كربة في رجب أعطاه الله في الفردوس قصرا مد بصره

Artinya :“Nabi Muhammad SAW bersabda, siapa yang melapangkan kesulitan seorang mukmin di bulan Rajab, maka Allah Ta’ala akan memberikan istana di surga Firdaus seluas pandangan matanya.”

Itu lah ksitimewaan di bulan rajab dan amalan-amalan yang dianjurkan di bulan Rajab. Semoga bermanfaat 

Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu