Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

KELAS IBU BALITA DI GIRIMULYA

CIBUNGBULANG-Warga Kp.Pabuaran tonggoh Rw.05. Desa Girimulya mengiuti kelas ibu balita yang di adaka oleh kader posyandu desa Girimulya, kelas balita ini berlangsung selama 10 pertemuan setiap pertemuan  dilaksanakan pada hari sabtu. kelas balita ini banyak mendapatkan apresiasi dari pesertanya lantaran dengan ikut kelas balita bisa menambah wawasan seputar merawat dan memantau tumbuh kembang anak.

"Saya senang bisa ikut kelas balita ini, karena banyak manfaat yang diperoleh, kebetulan kan saya juga baru punya anak umur 5 bulan jadi kebantu banget cara ngurus anak 5 bulan itu yang baik gimana" ujar ibu nyai peserta kelas ibu balita.

Pertemuan hari ini (sabtu 5/11/22). kelas ibu balita membahas tentang Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) dalam pembahasan tersebut bahwa anak diharuskan makan tepat pada umur 6 bulan. tekstur, jumlah,dan frekuensi makanan harus di perhatikan.

"Memberi makan bayi itu harus tepat dengan umurnya ga boleh lebih atau kurang dari 6 bulan, kalau pemberian makanan pada bayi kurang dari 6 bulan yang ada bayi nya sakit, makanan yang diberikan itu berkategori 4 bintang. 4 bintang antara lain berkarbohidrat, berprotein hewani, berprotein nabati, sayuran dan buah-buahan". tegas ibu Atikah Sudirja Pemberi matei kelas ibu balita.

Faktor-faktor yang harus di perhatikan dalam MPASI :
1. bahan-bahan MPASI harus berkategori 4 bintang
2.Frekuensi jumlah MPASI
3. Tekstur MPASI
 
- Bayi 6 bulan MPASI diberikan pada pagi dan malam, masing-masing 3 sendok makan tekstur mkan harus lembut dan kental jangan encer seperti bubur.
 
- Bayi 7-8 bulan MPASI diberikan pada pagi, siang, dan malam.  2 sendok makan samapi setengah mangkuk bayi, sedangkan sorenya boleh diberikan mkanan selingan berupa buah- teksturnya harus seperti bubur.

- Bayi 9-11 Bulan MPASI diberikan pada pagi, siang, dan sore . setengah sampai tigaperempat mangkuk ukuran 250 ml, pemverian makanan selingan bertambah jadi siang dan sore, serta boleh di berikan makan selingan biskuit, tekstur makanannya  atau dipotong kecil sehingga bisa di pegang bayi.

- Bayi 12 - 23 bulan MPASI diberikan pada pagi, siang, dan sore. tigaperempat sampai 1 mangkuk ukuran 250 ml, makanan selingan dapat diberikan diwaktu menuju makan siang dan makan malam berupa buah-buahan dan biskuit, teksturnya makin kasar yaitu diiris-iris, contohnya sup telur dagiang atau misoa brokoli.

- Anak usia 2-5 tahun pemberian makan diberikan pada waktu pagi, siang, dan malam, makanan selingan diberikan 2 kali tekstur makan sudah bisa mengikuti tekstur makanan keluarga, jadi asupan cairannya harus lebih diperhatikan.

Perlu di ingat untuk pembuatan MPASI hindari penggunaan garam