Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA ITU TV DIGITAL?

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatu
Zaman kini sudah berganti, perubahan zaman memuat segala aktivitas menjadi ebih mudah dan cepat,karena perubahan zaman ini juga merubah gaya hidup masyarakat.

Dulu ketika sebelum ada Smartphone kebanyaka orang susah untuk melakukan tatap mukajarak jauh, kini adanya smartphone dengan Operasi Sistem (OS) android ataupun IOS meudahkan masyarakat dalam segala aktivitas, seperti berkomunikasi jarak jauh dengan tatap muka bisa menggunakan Video Call (VC).

Masih banyak lagi teknologi yang canggih dizaman sekarang, tidak hanya smartphone kini TV pun memiliki perubahan tidak hanya dari bentuknya bahkan ke sistem penyiarannyapun kini telah berubah.

Pemerintah Indonesia telah melakuan perubahan penyiaran TV dari analog ke digital pada tanggal 2 dan 3 November 2022, dari perubahan penyiaran ini ada sebagian masyarakat yang mengeluh karena belum sempat beralih dari TV analog ke digital, sehingga TV dirumahnya tidak bisa menampilkan satupun stasiun/salauran TV favoritnya.

Lantas APA ITU TV DIGITAL?. simak terus ya sahabat.heheh

 TV DIGITAL adalah jenis sistem penyiaran yang menggunakan modulasi digital (berbentuk bit data seperti komputer) dan sistemkompresi untuk menyiarkan sinyal gabar, suara, dan data kepesawat TV.
Dalam 1 frekuensi TV digital bisa membawa 6 High Digital Telvision (HDTV).

Dari penjelasan diatas mengenaiTV digital sudah dapat dipahami belum sahabat?hehehe.

Jadi gini sahabat pada intinya dalam penggunaan TV digital ada beberapa manfaat kenggulan yang dapat dirasakan dan tidak ada di TV analog diantaranya :
1. Salarun TV lebih banyak
2. Suara dan gambar lebih jernih
3. Tahan terhadap gangguan cuaca seperti hujan

Lalu jika kita ingin beralih ke siara TV digital apa kita karus ganti TV?

oh tentu tidak sahabat, walaupun dirumah kita TV nya masih tabung tetap bisa mendapat siaran TV digital, dengan menambahkan alat yang dinamakan SET TOP BOX.

SET TOP BOX adalah alat yang dapat menerima siaran TV digital. jadi walaupun TV masih tabung lalu dipasangkan ke SET TOP BOX kita bisa juga menerima manfaat dari siaram TV digital.

ok itu saja pembahasan artikel ini, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Warahmatullahi