Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Atap Ruang Kelas SDN Cikupa 03 Ambruk



HANCUR : Seorang guru SDN Cikuda 03, Kecamatan Parungpanjang sedang menunjukan atap ruang kelas yang ambruk. ISTIMEWA

PARUNGPANJANG - Seperti biasa setiap hari Senin, rutin SDN Cikupa 03 Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor, melaksanakan apel upacara bendera. Prosesi pun berjalan khidmat. 

Namun berselang beberapa menit selepas upacara bendera, suasana berubah mencekam dan histeris. Tiba-tiba atap ruang kelas 2 ambruk, puluhan siswa pun lari berhamburan menyelamatkan diri masing-masing.

Beruntung tidak ada satu pun murid mengalami luka.Kepala SDN Cikuda 03, Iim Abdul Karim membenarkan. Ia pun bersyukur dalam insiden itu tidak menimbulkan korban jiwa.

"Untuk kelas 2 memang kegiatan belajar dan mengajar sempat terganggu, namun kita berinisiatif tetap melaksanakan KBM dengan memanfaatkan kelas lain," katanya.

Ia pun menjelaskan jika dengan ambruknya atap salah satu ruang kelas tersebut membuat pihaknya kekurangan ruang belajar. "Kami punya 447 murid, dan enam ruang kelas. Dengan situasi sekarang hanya lima unit saja yang bisa digunakan, sehingga dilakukan modifikasi KBM menjadi dua shift," jelasnya.

Pengawas SD Kecamatan Parungpanjang, Ucu Supriyatna 
menambahkan, kondisi atap ruang kelas yang ambruk itu memang sudah tidak layak. Langit-langit pun telah disangga menggunakan beberapa bilah bambu. “Saya sudah memberikan imbauan kepada pihak sekolah agar tidak memakai ruang kelas tersebut," tutupnya.



SUMBER KORAN PAKAR