Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dalil Hadis Nabi di Bulan Sya'ban

hadis-hadis bulan syaban

Bulan Sya'ban adalah bulan ke-8 dalam kalender Islam, sebelum bulan Ramadhan. Tentang keutamaan dan amalan pada bulan Sya'ban, terdapat beberapa hadis yang diriwayatkan dari Nabi Muhammad SAW. dan dalam hal ini, keutamaan Sya'ban banyak dibahas dalam hadis-hadis berikut:

1. Dari Aisyah RA, Rasulullah SAW bersabda tentang bulan Sya'ban:

"Ini adalah bulan yang banyak diabaikan oleh orang-orang di antara Rajab dan Ramadhan. Dalam bulan ini, amal perbuatan manusia diangkat (kepada Allah), sehingga aku senang jika amalku diangkat pada saat aku berpuasa." (HR. An-Nasai)

2. Dalam hadis yang lain, Aisyah RA melaporkan bahwa Rasulullah SAW sering berpuasa pada bulan Sya'ban. Ketika ditanya mengapa berpuasa begitu banyak pada bulan tersebut, Beliau bersabda:

"Ini adalah bulan di mana amal perbuatan manusia diangkat kepada Tuhan Yang Maha Tinggi, dan aku ingin amalku diangkat saat aku sedang berpuasa." (HR. Abu Dawud)

3. Abu Hurairah melaporkan bahwa Rasulullah SAW bersabda tentang malam pertama bulan Sya'ban:

"Pada malam itu, Allah memandang kepada makhluk-Nya dan mengampuni semua makhluk-Nya kecuali dua orang, yaitu seorang musyrik dan orang yang bermusuhan dengan sesamanya." (HR. Ibn Majah)

Penting untuk dicatat bahwa sebagian ulama berbeda pendapat tentang otentisitas dan kekuatan hadis-hadis ini. Beberapa ulama menerima dan meriwayatkannya, sementara yang lain meragukan atau menilai beberapa di antaranya sebagai lemah. Oleh karena itu, sebaiknya merujuk kepada ahli hadis atau ulama terpercaya untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut dan pemahaman yang lebih baik.