Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berikut Dalil-dalil Berkaitan Dengan Idul Adha

dalil idul adha

Dalil-dalil pelaksanaan Idul Adha didasarkan pada ajaran agama Islam, terutama Al-Qur'an dan Hadis. Berikut ini beberapa dalil terkait Idul Adha:

Al-Qur'an: Dalil pelaksanaan Idul Adha dapat ditemukan dalam beberapa ayat Al-Qur'an, antara lain:

  • Surat Al-Hajj (22:37): "Maka (tetapkanlah kamu semangatmu dalam beribadah kepada) Allah di waktu-waktu tertentu (seperti) sepuluh hari yang (di dalamnya) ada persembahan-persembahan (binatang unta kurban)."

Hadis: Nabi Muhammad SAW juga memberikan petunjuk dan contoh dalam pelaksanaan Idul Adha. Beberapa hadis yang relevan adalah:

  • Dari Aisyah RA, ia berkata: "Bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Tidak ada amalan yang lebih dicintai Allah pada hari yang empat belas (dari bulan Dzulhijjah) ini dari pada menyembelih hewan qurban. Dan sesungguhnya hewan itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, kuku-kukunya, dan bulu-bulunya. Dan sesungguhnya darahnya jatuh di tempat yang pertama dan terakhir sekaligus diterima di sisi Allah. Maka bersenang-senanglah dengannya.'" (HR. Tirmidzi)
  • Dari Ibn Umar RA, ia berkata: "Bahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, 'Barangsiapa yang memiliki hewan kurban, maka hendaklah ia tidak memotong rambut dan kuku-kukunya sampai ia menyembelih hewannya.'" (HR. Muslim)

Dengan mengacu pada dalil-dalil tersebut, umat Muslim merayakan Idul Adha setiap tahun dengan menyembelih hewan kurban pada tanggal 10-13 Dzulhijah. dan membagikan dagingnya kepada mereka yang membutuhkan, tetangga dan yang lainnya