Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dua Peristiwa Besar yang Terjadi Pada 17 Ramadhan

peristiwa pada 17 Ramadhan

 
Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat, selaindikenal dengan bulan yang penuh berkah, Ramadhan juga merupkan bulan yang memiliki peristiwa besar yang terkandung didalamnya. apa saja peristiwa itu? simak terus ya !

Berbicara mengenai peristiwa besar di bulan Ramadhan, kali ini kabarbaru.net akan berbagi 2 peristiwa besar yang terjadi di bualn Ramadhan tepatnya di tanggal 17 Ramadhannya, anataralain :

  1. Nuzulul Quran
    Nuzulul Quran memiliki arti turunnya alquran, seperti yang sudah kita ketahui dari guru-guru kita bahwa wahyu pertama kali diturunkan oleh Allah melalui malaikat jibril kepada Nabi Muhammad di gua hiro adalah Alquran surat Al-'Alaq ayat 1-5. Pada 17 Ramadhan.
    Wahyu pertama surat Al-'Alaq ayat 1-5 ini ditafsirkan oleh para ulama bahwa kita sebagai manusia harus mengedepankan pendidikan karena ayat ke 1 dari surat Al-'alaq memiliki arti "bacalah" merupakan unsur tarbiyah atau pendidikan. ilmu tidak akan kita dapatkan kalau kita belum melalui proses pendidikan, oleh karena itu agar kita berilmu baik itu ilmu umum atau ilmu agama harus melalui proses yang disebut dengan pendidikan.
  2. Perang Badar
    Setelah Rasul hijrah ke Madinah, kafir Quraisy dan umat islam pada saat itu melakukan peperangan pertamanya. perang ini dinamakan perang badar. perang ini terjadi pada 17 Ramadhan, menurut sejarah Islam perang badar ini di ikut sertai oleh 313 pasukan umat muslim termasuk Rasulullah, dan 1000 pasukan dari kafir Quraisy. karena pertolongan Allah lah pasukan muslim walaupun sedikit bisa mengalahkan kafir quraisy yang berjumlah 1000 pasukan tersebut.

itulah dua peristiwa besar yang terjadi pada 17 Ramadhan, 
semoga bermanfaat 

Wasslamu'alaikum warahmatullahi wabarakatu