Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 ADAB ANAK KEPADA GURU DI SEKOLAH

Assalamu’alakum warahmatullahi wabarakatu.

Guru adalah salah satu profesi yang memikul tanggung jawab besar, karena dari guru lah terlahir generasi-generasi penerus bangsa, yang akan melanjutkan estapet kepemimpinan dimasa depan, nasib bangsa ada ditangan generasi-generasi sekarang.

Teringat kata pepatah Pemuda sekang adalah pemimpin dimasa depan. Dan ada juga kalimat indah lainnya yang disampaikan oleh Ir.Soekarnoa, yang kurang lebih kalimatnya seperti ini Berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia.

Dari kata-kata pepatah tersebut mengandung makna bahwa peran pemuda sangatlah penting demi kemajuan bangsa. Oleh karenanya guru sebagai pembimbing dan contoh bagi anak disekolah akan senantiasa meberikan ilmu yang bermanfaat dan beradab.

Namun dizaman sekarang pergaulan yang terlalu bebas mempengaruhi prilaku anak, sehingga adab-adab yang harusnya dimiliki dan diamalkian secara perlahan terlupakan. Perilaku yang kurang terpujipun sering dilakukan, contohnya di lingkungan keluarga atau rumah, anak berani membangkang kepada orangrua nya, tidak hanya di lingkungan rumah bahkan dilingkungan sekolah ada anak yang kurang beradab kepada guru-gurunya.

Melihat kasus seperti yang terpaparkan di atas melalui artikel kali ini KABAR BARU ingin meberikan pengetahuan mengenai adab-adab anak kepada guru disekolah, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan anak-anak mengenai adab kepada guru dan bisa mengamalkan nya.

Berikut 9 adab anak kepada guru disekolah

  1. Memberi salam lebih dulu ketika bertemu dengan guru.
  2. Memperhatikan nasihat-nasihat yang baik.
  3. Mematuhi perintahnya selama tidak bertentangan dengan Islam.
  4. Menjauhi larangannya selama tidak bertentangan dengan Islam.
  5. Tidak boleh mengada-ada pertanyaan yang akibatnya merugikan diri sendiri.
  6. Berbicara dengan baik dan menunjukkan sikap merendahkan diri.
  7. Mendahulukan guru untuk menempati tempatnya dan memberikan kesempatan lebih dulu.
  8. Mengerjakan tugas yang diberikannya dengan baik.
  9. Tidak memperolok-olok atau meremehkan guru.

 

Itu 9 adab anak kepada guru disekolah, semoga bermanfaat

Wassalamu’alaiku warahmatullahi wabarakatu