Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 ADAB ANAK KEPADA ORANGTUA

 

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatu

Apalabar sahabat? Selamat datang Kembali di KABAR BARU.

Kali ini KABAR BARU akan berbagi pengetahuan tentang adab seorang ANAK KEPADA ORANGTUA,  

 Islam selalu mengajarkan umatnya untuk berbakti pada orangtua. Karena berkat kasih sayang dan doa dari orangtua lah kita bisa sampai dititik ini, bahka
n saking pentingnya kita menghormati orangtua, Alquran selalu menjelaskan agar kita sebagai anak harus memili akhlak / adab yang baik kepada orangtua kita

Imam Al-Ghazali pernah membahas adab seorang anak kepada orangtua dalam sebuah risalah berjudul 'Al-Adab fid Diin' dalam Majmu’ah Rasail. Berikut 7 adab kepada orangtua seperti yang dijelaskan Imam Al-Ghazali.

1. TIDAK MEMANDANG ORANGTUA DENGAN RASA CURIGA

Seorang anak harus selalu menjaga prasangkanya pada orangtua agar selalu baik. Jika ingin mengetahui tentang seuatu, seorang anak tak boleh bertanya dengan kesan curiga sehingga membuat orangtua merasa tersudut.

2. JANGAN LELAH BERBUAT BAIK PADA ORANGTUA

Orangtua adalah sosok yang membesarkan dan mengasuh kita sejak kita masih dalam kandungan, kemudian menjadi seorang bayi uang lucu dan dinanti-nati kel;ahirannya oleh orangtua kita, hingga kita menjadi manusia dewasa. Untuk mengingat semua kebaikan orangtua tak lelah merawat kita, sebaiknya seorang anak juga jangan lelah berbuat baik pada orangtua.

3. SELALU MERENDAH DAN JANGAN PERNAH MENYUSAHKAN ORANGTUA

Ketika orangtua kita berhasil membuat kita lebih pintar dan pandai, ingat sahabat ada perjuangan yang menguras air mata, keringat dari orangtua kita demi menjadikan kita anak yang memiliki pengtahuan dan besar harapan orangtua agar kelak kita menjadi orang yang sukses. Mengingat perjuangan orangtua seperti itu maka kita harus bisa bersikap untuk tetap merendah dan jangan pernah menyusahkan orangtua.

4. PENUHI PANGGILAN ORANGTUA

Penuhi panggilan orangtua ketika dipanggil, dalam Alquran diterangkan membantah orangtua dengan kata “ah” saja sudah temasuk dosa.

5. PATUHI PERINTAH ORANGTUA

Seorang anak harus selalu mematuhi perintah orangtua, selama itu tak menyimpang dari ajaran agama. Jika perintahnya tak sanggup dilakukan, maka seorang anak harus menolak dengan cara yang baik.

6. IKUT BERDIRI KETIKA ORANGTUA BERDIRI

Seorang anak harus mendahulukan orantua, misal ketika melihat orangtua berdiri anak boleh berdiri setelah orantua berdiri. Selain untuk etika, sikap seperti ini menyiratkan kesigapan anak untuk selalu membantu orangtuanya. 

Begitu juga sebaliknya, seorang anak baru boleh duduk setelah orangtua duduk terlebih dahulu duduk,

7. SELALU MENDENGARKAN NASIHAT ORANGTUA

Seorang anak harus selalu patuh pada orangtua, termasuk ketika diberi nasihat. Sahabat walaupun sekarang kita sudah besar bahkan sudah berkeluarga, dihadapan orangtua kita tetap anak nya yang selalu disayang dan tak mau anaknya melakukan perbuatan yang salah, jadi apapun kegiatan yang kita aka lakukan, pasti orantua akan selalu menasihati kita. Dan seorang anak tidak diperkenankan memotong pembicaraa orangtua ketika orangtua sedang memberi nasihat.

Itulah adab anak kepada orangtua yang diajarkan dalam agama Islam. Semoga bermanfaat dan bisa istiqomah dalam mengamalkannya aamiin

wassalamualaiku warahmatullahi wabarakatu